Menu Click to open Menus
Home » Headline » Memakai Produk Bertanda SNI Berarti Peduli Keselamatan

Memakai Produk Bertanda SNI Berarti Peduli Keselamatan

(588 Views) May 29, 2017 4:25 am | Published by | No comment

Foto: www.bsn.go.id

Ketika berbelanja jangan tergiur dengan produk big sale atau harga miring tidak wajar. Produk impor yang kian membanjiri pasaran Indonesia sedang menjadi sorotan. Karena mulai produk perlengkapan dan peralatan rumah tangga, otomotif, kesehatan, mainan anak-anak, pakaian bayi dan anak hingga produk kesehatan mulai dipertanyakan keamanan dan kualitasnya.

Misalnya, untuk produk pakaian bayi dan anak, walau harga murah jika terbuat dari bahan tekstil berbahaya untuk kesehatan kulit bayi, bisa merugikan kesehatan. Contoh lain, untuk selang dan regulator kompor gas, jika belum memenuhi standar yang berlaku dapat membahayakan juga. Hingga soal keselamatan pekerja dalam satu badan usaha pun wajib memenuhi Standar Nasional Indonesia sebagai jaminan keselamatan dan kelancaran usaha.

Apakah SNI itu? SNI adalah Tanda yang diperoleh untuk suatu produk yang telah lolos uji kelayakan dari pengembangan kegiatan dimulai dari pemrograman, perumusan, penetapan dan pemeliharaan (Kajian ulang) suatu produk yang penilaiannya dilakukan oleh Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Proses yang panjang ini merupakan langkah untuk menyatakan suatu produk aman dan layak dipakai atau dikonsumsi.

Dalam paparan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof.Dr.Bambang Prasetya pada talkshow tentang SNI di acara Fun Bike (14/5) menyatakan bahwa masyarakat yang menggunakan produk bertanda SNI berarti sudah peduli keselamatan dan kesehatan diri.

Untuk perempuan pun harus peduli dengan kosmetik yang digunakan. Jangan sampai memakai sembarangan. Karena kosmetik pun ada standarnya. Dari mulai bahan-bahan yang ada pada kosmetik sampai pengemasan ada standarnya.

Fokus pada perempuan karena sebagai manager rumah tangga, perempuan selalu menentukan produk yang hendak dibelinya baik untuk keperluan rumah tangga, kecantikan maupun segala hal yang ada di rumah. Namun penggunaan produk bertanda SNI ini adalah tanggung jawab semua lapisan masyarakat.

Prof.Bambang juga menyarankan untuk masyarakat luas agar mencari tahu daftar produk aman bertanda SNI melalui website resmi BSN agar lebih terpercaya.

Dari pihak pemerintah pun massif edukasi tentang SNI ke masyarakat luas, salah satunya melalui acara Fun Bike BSN 2017 yang diikuti oleh masyarakat beserta keluarga masing-masing, dalam kesempatan ini, diinformasikan juga sepeda yang memenuhi SNI, dari mulai rem sampai ban sepedanya.

Di acara Fun Bike BSN 2017 ini diperkenalkan Maskot Si Rino yakni maskot Badak bercula satu dengan kostum Gatotkaca adalah maskot sahabat SNI yang mewakili karakter Indonesia. Si Rino mencerminkan sesuatu hal yang gesit, teliti, cekatan dan kuat. Yang mewakili produk-produk Indonesia yang berkualitas dan aman.

Sosok maskot Si Rino diharapkan menjadi pengingat akan produk bermutu dan aman. Sehingga proses edukasi kepada masyarakat dapat dengan mudah tersampaikan karena pembawaannya yang ringan dan mudah dipahami.

Jadi, sudahkah anda menggunakan produk bertanda SNI? Utamakan keselamatan dan kesehatan dengan menggunakan produk bertanda SNI.

Tags: , ,
Categorised in: ,

No comment for Memakai Produk Bertanda SNI Berarti Peduli Keselamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *