Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Headline » Kenyamanan Kulit Bayi Berpengaruh Pada Proses Bonding

Kenyamanan Kulit Bayi Berpengaruh Pada Proses Bonding

(69 Views) September 10, 2018 1:53 pm | Published by | No comment

bonding

“Bayi bukan manusia mini yang bisa diperlakukan sama dengan orang dewasa. Sekalipun untuk treatment kesehatan. Karena bayi mempunyai kulit yang sensitif dan masih memerlukan perhatian khusus dari orangtuanya.” Pernyataan ini dilontarkan oleh dokter spesialis kulit dr.Nanny Shoraya, Sp.KK, FINS-DV di acara peluncuran Young Living Seedling pada 5 September 2018 di Hotel Raffles Jakarta.

Banyak orang tua yang salah kaprah memberikan perawatan kulit bayi dengan cara yang paling tidak layak. Contohnya, memijat bayi menggunakan minyak untuk memasak, dengan alasan supaya ada pelicin saja. Minyak sayur tentu saja tidak disarankan untuk perawatan kulit, apalagi kulit bayi yang masih sensitif. Sebaiknya, pilih minyak yang formulanya khusus untuk bayi agar aman dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Jika kulit bayi terganggu karena iritasi akibat penggunaan minyak yang tidak aman, kondisi bayi tentu saja rewel, susah tidur dan tidak dapat melakukan hal-hal yang mendorong motoriknya menjadi lancar.

Maka, hal ini akan mengganggu perkembangannya. Pertumbuhan fisik dan mental bayi tentu saja terganggu.

Sebagai solusi, hindari bahan perawatan kulit bayi yang tidak standar. Dalam kesempatan ini pun, dr.Nanny membagikan kiat untuk menumbuhkan bonding antara ibu dan bayi. Pada anak usia bayi, banyak hal yang menjadi penyesuaian bagi ibu bapaknya. Misalnya, menyesuaikan jam tidur, karena otomatis harus begadang. Saat bayi ingin minum susu, ganti popok dan lain sebagainya.

Dari berbagai aktivitas baru tersebut, ibu yang belum siap kadang mengalami baby blues merasa serba salah dan takut saat menangani bayinya sendiri. Maka, jika sempat, dr.Nanny menyarankan agar ibu sering melakukan kebersamaan bersama bayi, misalnya dipeluk, berjemur di halaman rumah, mendengarkan musik klasik bersama, bercerita walau bayi belum mengerti dan yoga.

Untuk yoga bersama bayi, tentu saja bayi tak banyak melakukan gerakan. Justru aktivitas lebih banyak ke ibu. Bayi hanya sebagai tim cheerleader saja di dekat ibu yang sedang melakukan yoga.

Jangan lupa, rawat kulit bayi dengan bahan yang aman dan formulasi khusus agar bayi nyaman sepanjang waktu dan dapat tumbuh sempurna.

Categorised in: ,

No comment for Kenyamanan Kulit Bayi Berpengaruh Pada Proses Bonding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *