Menu Click to open Menus
Home » Empowerment » Figure » Frances Caitlin Tirtaguna Berupaya Wujudkan Budaya Betawi Mendunia

Frances Caitlin Tirtaguna Berupaya Wujudkan Budaya Betawi Mendunia

(174 Views) May 28, 2019 5:50 am | Published by | No comment

Frances Caitlin

“Ma, masa Disneyland di setiap negara ada info detailnya terutama melalui website. Sementara Jakarta yang punya pusat kebudayaan Betawi, tak tersedia informasinya di internet secara detail. Minimal melalui situs resminya. Bahkan orang Jakarta nya sendiri tak banyak yang tahu keberadaan pusat Kebudayaan Betawi.” Keluh seorang gadis bernama Frances Caitlin Tirtaguna kepada sang ibu.

Ibu dan Ayah Frances mendukung penuh keinginan Frances dalam mewujudkan website tentang Pusat Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan dengan memberi dorongan moril dan membantu mengarahkan konten dan konsepnya. Selain tim, keluarga dari gadis usia 16 tahun ini juga berperan banyak.

Setelah tahun lalu Caitlin membuat buku berjudul Ondel Ondel Galau yang isinya mengungkap fenomena kebudayaan Betawi yang belum tereksplor dengan baik di kalangan masyarakat Indonesia. Melalui buku tersebut, Caitlin mengungkap ciri khas Budaya Betawi mulai upacara adat, kuliner, kesenian, baju daerah hingga mata pencaharian khas dibahas tuntas.

Pembuatan buku tersebut melalui proses panjang dan melibatkan banyak tokoh Betawi ketika mendalami risetnya.

Tak cukup dengan membuat buku, kecintaan Caitlin akan Budaya Betawi, membuatnya bisa berbuat lebih untuk memberikan kontribusi atas upayanya memajukan Budaya tersebut. Remaja yang kerap mengajar matematika untuk anak-anak di pinggiran Jakarta ini, ingin Budaya Betawi mendunia dan dikenal dengan baik.

“Saya berharap setiap turis lokal maupun mancanegara yang datang ke Jakarta, memilih destinasi wisata ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, oleh karena itu, informasi lengkap yang menarik harus disediakan melalui website resminya. Let’s bring the culture to the worldwide!” Ujarnya bersemangat.

Website PBB Setu Babakan resmi diserahkan kepada pengurus PBB Setu Babakan yang diwakili oleh Kepala UPK Setu Babakan, Hj. Rofiqoh Mustofa didampingi sejumlah tokoh Kebudayaan Betawi, diantaranya Bang Indra Sutisna, Bang Yahya Andi Saputra dan lain-lain.

Website http://www.setubabakanbetawi.com/ dapat diakses oleh siapapun dan di mana pun. Bagi yang membutuhkan informasi Budaya asli Betawi mencakup adat, upacara, pakaian, kuliner, permainan, wisata dan lain sebagainya dapat diakses di sana.

Caitlin juga melakukan pendampingan kepada admin yang akan mengurus website tersebut hingga tak terbatas waktu.

Profil Caitlin

Caitlin lahir dari keluarga yang mementingkan pendidikan, bersama kakaknya ikut organisasi yang punya kegiatan mengajar anak-anak pinggiran Kota Jakarta. Lingkungannya yang mendukung dirinya untuk terus berkarya dan mencetak prestasi, membuat Caitlin selalu percaya diri mengikuti berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri.

Mulai dari lomba debat, lomba menulis, leadership, olimpiade matematika dan masih banyak lagi. Dalam Bulan Juni hingga Juli 2019 ini, Caitlin akan mengikuti kompetisi Start Up di USA mewakili Indonesia. Dalam lomba ini, Caitlin ditantang membuat ide bisnis yang lain dari pada yang lain.

Sederet prestasi yang diraihnya tak membuatnya jumawa apalagi egois. Gadis yang menguasai matematika ini, malah merasa punya tanggung jawab besar terhadap kelangsungan Budaya Betawi sekaligus kondisi dan permasalahannya.

Kontribusinya terhadap pemberdayaan masyarakat di sekitar PBB Setu Babakan, memberi dampak positif terhadap kelangsungan mata pencaharian para pedagang dan perajin di wilayah tersebut. Caitlin  tak kenal lelah mempromosikan segala potensinya melalui berbagai media. Dengan hadirnya website untuk PBB Setu Babakan, menambah kemudahan dalam memberitakan banyak hal terkait Budaya Betawi dan segala potensinya.

Berangkat dari kegelisahan Caitlin terhadap Ondel Ondel ngamen yang ditemuinya di jalanan, membuahkan solusi terhadap masalah yang dihadapi akan keberlangsungan Budaya Betawi secara keseluruhan.

No comment for Frances Caitlin Tirtaguna Berupaya Wujudkan Budaya Betawi Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *