Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Life Style » Environment » Polusi Memicu Depresi

Polusi Memicu Depresi

(382 Views) April 17, 2017 4:13 am | Published by | No comment

scooter-1643004_640

Menurut data 2015 WHO (World Health Organization) 300 Juta orang atau 4,4% penduduk dunia mengalami gangguan depresi sedangkan di Indonesia, 9,1 Juta penduduk atau sekitar 3,7% menderita depresi. Salah satu pemicu dari depresi ini adalah polusi. Hampir 3 Juta orang per tahun meninggal karena terpapar polusi.

Mengapa polusi dapat mengakibatkan depresi? Pernah kan teman-teman merasakan ketika berangkat aktivitas saat melalui daerah macet dengan jalan yang padat? Kemacetan menimbulkan asap knalpot dan debu semakin pekat dan ini terhirup oleh kita. Setelah sampai di tempat aktivitas, pekerjaan memusingkan dan membuat semakin tidak karuan. Memecah konsentrasi dan mengganggu pikiran.

Menurut dr. Fidiansjah SpKJ, MPH perkiraan 2030 Indonesia akan dihinggapi tiga penyakit berat, yakni, Jantung, Depresi dan HIV. Depresi jadi nomor dua, perlu perhatian khusus tentunya.

bagi_masker

Dalam upaya menyikapi efek polusi supaya tak menyebar luas, Portal Otomotif No 1 di Indonesia mobil123.com bersama otospirit.com melakukan kegiatan bagi-bagi masker pada 12 April 2017 di sekitar Jl. Radin Inten Buaran, Jakarta Timur. Dengan tajuk “mask for bikers” Ada 1000 masker yang dibagikan.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan Hari Kesehatan sedunia yang diperingati setiap Tanggal 7 April. Menurut Regia Glamouria, Direktur mobil123.com dan otospirit.com, dengan adanya kegiatan ini, mendukung misi Hari Kesehatan Sedunia yang fokus pada kampanye anti depresi dari WHO dengan tagline “Let’s Talk”

Mobil123.com mengambil peran dalam meminimalisir polusi yang menyebabkan sesak napas, mengganggu pikiran dan mengakibatkan depresi. Bagi-bagi masker ini, sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya para pengendara sepeda motor dan masyarakat umum yang sedang berada di jalan, untuk selalu menggunakan masker agar polusi yang masuk bisa dikendalikan.

Kegiatan bagi-bagi masker ini melibatkan lima komunitas biker, diantaranya Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, Vario Owner Medias. Ini menunjukkan bahwa mobil123.com mengajak semua lapisan masayarakat untuk bertanggung jawab bersama-sama dalam menanggulangi polusi dari sisi dan sudut pandang pengendara sepeda motor.

Kondisi perkembangan pengguna kendaraan yang meningkat setiap tahun tentu saja harus dibarengi dengan kesadaran masayarakat dalam menjaga kesehatannya, salah satunya dengan menggunakan masker ketika berkendara, banyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

No comment for Polusi Memicu Depresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *